Monday, February 4, 2013

7 Manfaat Mengkonsumsi Telur Bagi Kesehatan



Telur merupakan salah satu bahan makanan hewani selain daging. Kemudahan dalam pengolahan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan membuat banyak orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa manfaatMengkonsumsi telur bagi kesehatan.
Dapat Menjadi Sumber Energi
Anda yang butuh energi extra dan praktis bisa mencoba menambahkan telur sebagai sarapan pagi. Kuning telur dianggap efektif meningkatkan energi tubuh.

1. Menambah Stamina

Jika kuning telur dapat meningkatkan energi tubuh, maka kuning telur pun tidak kalah manfaatnya. Protein dalam putih telur, atau disebut albumin, dapat membantu tubuh menyerap protein untuk membangun otot.

2. Melindungi Mata

Telur dapat melindungi mata dari kerusakan akibat [a[aran sinar ultraviolet (UV). Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan yang terdapat dalam zat pigmen kuning telur dan dapat  membantu mencegah penurunan ketajaman penglihatan (degerasi makula) akibat penuaan.

3. Menurunkan Berat Badan

Telur dapat menjadi salah satu menu makanan bagi Anda yang sedang menjalani diet. Protein yang terkandung didalam telur dapat bekerjasebagai penekan rasa lapar alami.

4. Meningkatkan Konsentrasi
Telur dapat meningkatkan daya konsentrasi Anda karena protein dalam telur bisa membantu meningkatkan kadar dopamin. Dopamin merupakan zat aktif yang berguna untuk memelihara proses konsentrasi.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Kolin pada telur dapat membantu perkembangan memori dan fungsi kognitif, serta membantu mengasah memori atau daya ingat otak lebih tajam dan mencegah demensia.

6. Membuat Kenyang

Membuat kenyang sehingga sangat cocok dimakan saat sarapan pagi. 

7. Tidak Memperburuk Kolesterol

Telur memang mengandung sejumlah kolesterol. Namun, kolesterol yang terkandung dalam telur tidak akan memperburuk kadar kolesterol darah Anda. Jadi, Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tingga tetap aman mengkonsumsinya, karena tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.
 
sumber: http://ad-tipsdantrik.blogspot.com/2012/10/mnafaat-mengkonsumsi-telur-bagi-kesehatan.html#.URC36_Izxtg

0 comments:

Post a Comment