Wednesday, February 6, 2013

12 Tipe Orang Yang di Doakan Malaikat

“Sebenarnya malaikat-malaikat itu adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka tidak mendahului-Nya, dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka dan yang dibelakang mereka, dan mereka tidak memberikan syafaat melainkan kepada orang- orang yang di ridhai Allah, dan mereka selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya”(QS-21:26-28)


Ada banyak aktifitas di muka bumi ini yang kita lakukan, senantiasa didoakan oleh para malaikat diantaranya :
1. Orang yang tidur dalam keadaan suci. 
Malaikat akan mendoakan orang yang senantiasa berwudhu manakala ia hendak tidur. Imam Ibnu Hibban  meriwayatkan dari Abdullah bin Umar  ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘ Ya Allah , ampunillah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci’ (hadits ini di shahihkan oleh Syaikh Albani dalam Shahih At Targhib wat TarhibI/27).

2.      2. Orang yang duduk menunggu sholat.
Seseorang yang rela mengorbankan waktunya untuk tetap berada dalam Masjid dalam keadaan suci (menjaga wudhunya) demi menunggu waktu sholat , maka malaikat akan mendoakannya. Imam muslim  meriwayatkan dari Abu Hurairah ra , Bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Tdaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu sholat , selama ia dalam keadaan suci , kecuali para malaikat akan mendoakannya “Ya Allah , ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia”(Shahih Muslim no.469) 

3. Orang-orang yang berada di shaf (barisan) bagian depan di dalam sholat.
Imam Abu Dawud ( dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra’ bin  ‘Azib ra , Bahwa Rasulullah SAW bersabda,” Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-irang ) yang berada pada shaf-shaf terepan “(hadist ini dishahihkan oleh Syekh Al Albani  dalam Shahih  Sunan  Abi Dawud 1/130). 

4. Orang-orang yang menyambung shaf ( tidak membiarkan kekosongan didalam shaf)
Orang yang ketika dalam sholat berjamaah tidak membiarkan shaf yang di depannya kosong (dia maju untuk mengisi ) , maka para malaikat pun akan mendoakannya. Para Imam yaitu Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah ra , bahwa Rasulullah SAW bersabda ,” Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya selalu bersholawat kepada orang-orang yang menyambung  shaf-shaf.”(hadist ini dishaihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/272) .

5. Para malaikat mengucapkan ‘Amin’ ketika seorang imam selesai membaca  Al Fatihah.
Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah  ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika sesorang  Imam membaca ‘gharil maghdhubi’alahim waladh dhaalinn’, maka ucapkanlah oleh kalian ‘aamiin’ karena barang siapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu”( Shahih Bukhari no. 782) 

6. Orang yang duduk di tempat sholatnya setelah melakukan sholat.
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Para malaikat akan selalu bersholawat kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat sholat dimana ia melakukan sholat , selama ia belum batal wudhunya,(para malaikat) berkata , ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia’( Al  Musnad no. 8106), Syakh Ahmad Syakir menshahihkan hadist ini ) 

7. Orang –orang yang melakukan sholat shubuh dan ‘Ashar secara berjamaah.
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Para malaikat berkumpul pada saat sholat shubuh lalu para malaikat(yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga subuh ) naik (kelangit ) , dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu sholat ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga sholat ashar) naik(ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal , lalu Allah bertanya kepadamereka, Barang kalian meninggalkan hambaku?, mereka menjawab “Kami kami dating sedangkan mereka sedang melakukan sholat  dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan sholat, maka ampunilah mereka pada harti kiamat”(Al Musnad no.9140), hadist ini dishahihkan oleh Syakh Ahmad Syakir) 

8. Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan.
Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummud Darda ra , bahwa sayna Rosulullah SAW bersabda,” Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan di kabulkan. Pada kepalanya ada sorang malaikat yang menjadi wakil baginya,setiap kali dia berdoauntuk saudaranya dengan sebuah kebaikan , aka malaikat tersebut berkata ‘Amin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan” (Shahih Muslim no. 2733) 

9. Orang-orang yang berinfaq.
Imam Bukhari dan Imam Muslimmeriwayatkan dari Abu Hurairah ra , bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Tidak satu haripun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya , salah satu diantaranya  berkata, “Ya Allah , berilah gatni bagi orang yang berinfaq “. Dan lainnya berkata , Ya Allah, Hancurkanlah harta orang yang pelit”(Shahih Bukhari no.1442 dan Sahih Muslim no. 1010) 

10. Orang yang makan sahur.
Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath Thabrani, meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda,” Sesungguhnya Allha dan para malaikat-Nyabershalawat kepada orang-orang yang makan sahur”(hadist ini dishahihkan oleh Syakh Al Alba dalam Shahih At Tatghiib wat Tarhiib I/519) 

11. Orang yang menjenguk orang sakit.
Imam Ahmad meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ra , bahwa Rosulullah SAW bersabda,” Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutuskan 70000 malaikat untuknya yang akan bersholawat kepadanya diwaktu siang dan kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga subuh “(Al Musnad no. 754, Syaikh Ahmad Syakir berkomentar, “Sanadnya shahih”) 

12. Seseorang yang mengerjakan kebaikan kepada orang lain.
Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily ra, bahwa Rosulullah SAW bersabda, “ Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutaaan atas seorang yang paling rendah  diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi , bahkan semut yang didalam lubangnya dan bahkan ikan , semuanya bersholawat kepada orang yagng mengerjakan kebaikan kepada kepada rang lain “(dishahihkan oleh Syakh Al Albani dalam kitab Shahih  At Rirmidzi II/343)

Sumber : http://blog-rye.blogspot.com/2012/11/12-orang-yang-didoakan-oleh-malaikat_8675.html#ixzz2KAGZm5JX

0 comments:

Post a Comment