Tuesday, February 5, 2013

Imlek itu Bukan Hari Raya?


perayaan Imlek 
Tahukah kamu jika Imlek itu bukan merupakan hari raya keagamaan.

Imlek bagi sebagian orang dianggap sebagai sebuah hari raya padahal Imlek itu bukanlah sebuah hari raya keagaman seperti natal atau pun idul fitri. Padahal, Imlek merupakan sistem penanggalan yang dipercaya oleh umat Budha atau kepercayaan China keturunan.
Tahun 2013 ini Imlek akan jatuh pada 10 Februari 2013 biasanya ketika Imlek tiba masyarakat Keturunan Tionghua akan merayakanya secara meriah dan akan mendatangi kelenteng kelenteng untuk berdoa.

Pada tanggal 10 Februari 2013 sebenarnya bukanlah hari raya keagamaan melainkan tahun baru Imlek yang memasuki awal tahun hal ini sama saja seperti pergantian tahun baru masehi yang juga sering dirayakan oleh masyarakat dunia.

Suherman, pengurus Vihara Dharma Bhakti mengungkapkan, salah kaprah yang lain dari kebanyakan orang adalah mengucapan Imlek sebagai hari raya Imlek.

“Makanya masih banyak orang yang salah kaprah. Imlek itu bukan hari raya, tetapi sistem penanggalan. Dari penanggalan Imlek baru deh ada macam-macaam hari raya seperti cap gomeh, hari raya kue bulan, dan lain-lain,” kata Suherman.

Pada tahun ini masyarakat Tionghua akan memperingati tahun mereka yang baru yang sudah masuk ke tahun 2564.

sumber

0 comments:

Post a Comment